Mengatasi Pikiran Negatif di Dalam Pikiran Anda


Bagaimana Mengatasi Pikiran Negatif di Dalam Pikiran Anda.
Pernahkah anda mengalami prasangka buruk ketika menghadapi sesuatu seperti pekerjaan baru, memutuskan suatu perkara, memulai sesuatu yang baik, atau menjalani kehidupan baru di dalam hidup anda. Saya rasa anda semua pernah mengalaminya.

Dalam hal ini prasangka buruk sering disebut dengan pikiran negatif yang menyelimuti perasaan dan pikiran anda. Sehingga anda terlena dengan hal-hal aneh yang belum tentu terjadi dalam pikiran yang pada akhirnya anda takut untuk menghadapinya.

Padahal jika anda bisa mengatasi pikiran dan perasaan anda dengan baik tentu tidak seperti yang di bayangkan.

Sebelumnya saya sudah membahas tentang bagaimana "Lakukan 9 Hal Ini Untuk Memacu Semangat Bangun Pagi". Anda bisa baca di artikel saya sebelumnya. Dalam artikel kali ini saya akan membahas mengenai bagaimana "Mengatasi Pikiran Negatif di Dalam Pikiran Anda".

Dalam kehidupan ketika anda menghadapi sesuatu yang belum di coba kerap kali di hadapkan dengan perasaan ketakutan yang diiringi dengan timbulnya pikiran negatif.

Perasaan ini datang disaat anda menghadapi sesuatu yang belum pernah anda lakukan sama sekali, apalagi situasinya anda diharuskan untuk menjalaninya dan menghadapi keadaan tersebut tanpa ada pilihan lain.

Seperti contoh ketika anda diberikan tugas untuk menyelesaikan pekerjaan teman kerja anda yang kebetulan lagi cuti oleh atasan anda dan anda tidak menguasainya. Bisa kebayangkan apa yang pertama kali anda pikirkan. Rasa pesimis dan tidak percaya diri langsung timbul disertai pikiran negatif dalam pikiran anda.

Keadaan ini tentunya sangat menjengkelkan. Karena mau tidak mau anda tetap harus menyelesaikan pekerjaan tersebut.

Dalam kondisi seperti ini, bagaimana mengatasi pikiran anda yang sudah terlanjur berpikir negatif. Padahal anda belum pernah sama sekali menjalaninya.

"Sebenarnya hal tersebut tidak serumit yang anda pikirkan"

Tetapi anda sudah berpikir buruk terlebih dulu sebelum mencobanya.

Berikut beberapa hal sederhana untuk menyikapi sesuatu keadaan yang secara tiba-tiba harus anda lakukan pada saat itu juga tanpa pilihan, supaya timbul rasa percaya diri anda ketika menjalani keadaan tersebut. Mari kita coba beberapa hal dibawah ini.

Bersikap tenang dan terbuka ketika hal baru datang dihadapan anda.

Bukan hanya anda, sayapun demikian jika ada hal baru datang dihadapan kita. Awalnya pasti terkejut di iringi pikiran buruk yang akan terjadi setelahnya.

Tapi tidak semestinya anda panik ketika ada hal baru datang dihadapan kita. Anda harus memulainya untuk membuka diri untuk menerima apa yang ada dihadapan anda.

Dengan demikian anda tidak akan merasa cemas dan berprasangka buruk. Karena belum tentu apa yang ada dihadapan anda selalu buruk dan menjadi beban bagi anda.

Belajarlah untuk terbuka menerima hal - hal baru. Karena bisa jadi itu peluang anda kedepannya. Anda tidak akan pernah tahu apa yang terjadi dihadapan anda setelah itu.

Bisa jadi itu yang terbaik buat anda. Anda akan merasakan manfaat dan hikmahnya dibalik pekerjaan yang anda lakukan tersebut setelah anda menjalaninya.

Mencoba berpikir positif untuk menghadapi rasa takut.

Cobalah untuk menilai sesuatu dengan pikiran positif setiap apa yang anda hadapi. Karena pikiran positif yang anda timbulkan kedalam pikirkan anda adalah sugesti bagi diri anda sendiri.

Jika anda berpikir negatif maka sugestipun akan terjadi pada diri anda sendiri seperti yang anda pikirkan sebelumnya. Karena anda yang membuatnya sendiri dan bukan karena orang lain.

Dengan berpikir positif perasaan takut anda bisa teratasi dengan baik. Dengan demikian anda akan merasa siap untuk menghadapinya.

Berpikir positif memiliki dampak tersendiri bagi hidup anda. Tentunya hasil yang diperoleh sangat bermanfaat bagi anda sendiri. Walaupun nanti hasilnya belum tentu memuaskan bagi anda namun setidaknya anda telah mencoba dan berusaha, dan anda telah menemukan pengalaman baru dalam hidup anda.

Merubah sudut pandang pikiran anda dengan hal yang logis.

Pola pikir yang baik adalah memandang sesuatu jauh kedepan, bukan memandang kebelakang.

Jangan sempitkan pikiran anda. Anda berada pada saat ini, bukan kemarin, beberapa minggu lalu atau tahun lalu. Anda dihadapkan langkah kedepan bukan mundur kebelakang.

Untuk itu pola pikir dan sudut pandang yang positif sangat diperlukan untuk memandang kedepan dengan pikiran yang logis, bukan berandai-andai.

Anda dituntut untuk membuat suatu keputusan yang tepat saat itu juga untuk memulai melakukan pekerjaan, dan anda tidak bisa menghindarinya.

Dengan pola pikir dan sudut pandang yang positif, anda telah memposisikan diri anda sebagai seorang yang bijaksana dengan keputusan anda sendiri.

Bangkitkan rasa percaya diri anda untuk menghadapinya.

Keyakinan dalam diri kita menjadi bagian penting untuk memulai sesuatu. Karena tanpa keyakinan akan menimbulkan rasa keraguan dengan kemampuan kita.

Bila anda menghadapinya dengan berpikir positif, anda sudah bisa meyakinkan diri anda sendiri bahwa anda mampu menghadapinya.

Rasa percaya diri juga membuat anda lebih baik dan bersemangat untuk melakukan pekerjaan tersebut dengan tanpa keraguan dan rasa takut.

Yakinkan diri anda bahwa anda bisa menghadapi dan melakukannya dengan penuh rasa percaya diri serta tanggung jawab dengan apa yang anda lakukan.

Jangan ragu untuk memulai.

Bila anda telah siap jangan pernah ragu untuk memulai. Percayakan diri anda bahwa anda mampu menghadapinya.

Jangan biarkan diri anda terlena dengan pikiran - pikiran negatif dan perasaan keraguan atas kemampuan anda.

Hadapilah semua itu dengan pikiran positif yang anda ciptakan sendiri bukan dengan pikiran negatif. Anda pasti bisa melewatinya dengan baik.

Berdo'alah dengan keyakinan anda bahwa anda bisa dan mampu menghadapinya disertai harapan semua akan baik-baik saja tanpa ada sesuatu halangan yang berarti.

KESIMPULAN

Menghadapi sesuatu yang belum pernah anda lakukan adalah beban dan masalah setiap orang.

Namun jika anda bisa menghadapinya dengan baik dan bijaksana, semua akan berjalan dengan baik-baik saja tanpa menjadi beban dan masalah dalam hidup anda.

Tentunya diawali dengan sikap terbuka dan menerima apa yang ada dihadapan anda. Memandang sesuatu dengan sudut pandang yang logis dan rasa percaya diri yang baik.

Sehingga dengan keputusan yang tepat disertai keyakinan dan do'a anda, anda berani untuk memulai dengan kemampuan dan kekuatan pikiran positif anda.

Percayakan kemampuan anda. Anda akan mendapatkan hal - hal diluar dugaan anda. Bisa jadi kemampuan yang selama ini tidak pernah ada selama hidup anda timbul setelah anda menghadapinya. Bukankah ini menyenangkan bagi anda karena mendapat pengalaman baru dalam hidup anda.

Rekan, sahabat atau orang lain akan berterima kasih kepada anda karena mereka merasa terbantu. Pujian akan anda dapatkan dari orang disekeliling anda. Dan ini menjadi bagian dalam hidup anda yang menyenangkan.

Bisa jadi anda mendapatkan tawaran pekerjaan baru dari bos atau teman anda. Nah.. anda tertarik bukan. Anda tinggal mengasah kemampuan anda.

Semoga hidup anda menjadi lebih baik dengan pikiran positif dalam hidup anda. Semua bergantung kepada anda.

Demikianlah beberapa di balik hal sederhana yang saya jelaskan diatas. Semoga ini bisa mengatasi pikiran negatif di dalam pikiran anda. Mudah mudahan artikel ini bermanfaat bagi anda. Teruslah bersemangat…

Bila anda punya pengalaman untuk mengatasi pikiran negatif. Silahkan memberikan komentar dan tips tambahannya dibawah agar bermanfaat bagi pembaca artikel ini. Sebarkan kepada teman, keluarga atau siapapun agar bermanfaat bagi orang lain.

Opsi..πŸ€”
•Bila bermanfaat menurut anda bagikan dengan teman-teman anda.
•Bantu saya menyebarkan artikel ini agar bermanfaat bagi orang lain.
•Terima kasih sudah berkunjung di blog iniπŸ‘ƒ.
•Semoga anda sukses dan sehat selalu.

Komentar