11 Cara Ini Bisa Membuat Obrolanmu Jadi Menyenangkan

Bagaimana 11 Cara Ini Bisa Membuat Obrolanmu Jadi Menyenangkan.
Dalam kehidupan sehari-hari anda selalu berinteraksi bersama orang lain. Baik itu dengan tetangga, teman kerja, keluarga maupun orang yang berhubungan langsung dengan aktifitas anda sehari-hari.


Interaksi antara manusia merupakan hubungan yang sangat penting dan tidak bisa di pisahkan. Sebagai mahluk sosial interaksi sesama manusia merupakan sarana untuk berkomunikasi dan berhubungan satu dengan yang lainnya, dan ini merupakan bentuk sosialisasi anda bersama masyarakat di sekitar lingkungan anda.

Tanpa orang lain anda tidak bisa berbuat apa-apa. Dengan berinteraksi bersama orang lain memudahkan anda untuk menyelesaikan segala sesuatunya seperti pekerjaan dan aktifitas anda.

Sebelumnya saya sudah membahas tentang bagaimana "Mengatasi Kabut Asap Yang Mengganggu Dengan 10 Cara Ini". Anda bisa baca di artikel saya sebelumnya. Dalam artikel kali ini saya akan membahas mengenai bagaimana "11 Cara Ini Bisa Membuat Obrolanmu Jadi Menyenangkan".

Berkomunikasi dengan orang lain adalah bentuk sikap dan perilaku yang menunjukkan apa yang anda pikirkan kemudian mencurahkan kepada orang lain. Sehingga orang lain dapat memahami apa yang anda inginkan.

Namun pernahkah anda berpikir, bagaimana sikap orang lain yang anda ajak bicara ketika anda mengungkapkan sesuatu kepada mereka. Bagaimana respon dan reaksi orang lain saat anda berbicara?

Apakah mereka senang atau merasa tidak nyaman dengan obrolan anda. Mungkin juga mereka berpaling muka atau pura-pura senang di hadapan anda.

Kejadian ini sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari dan anda tidak menyadarinya.

Ada beberapa hal sederhana yang harus anda perhatikan saat anda berbicara dengan orang lain, sehingga orang lain merasa nyaman dan memahami sepenuhnya apa yang ingin anda sampaikan. Dengan 11 cara ini bisa membuat obrolanmu menyenangkan.

11 Cara Ini Bisa Membuat Obrolanmu Jadi Menyenangkan


Hal sederhana di atas sangat berperan penting bila kita ingin berkomunikasi dengan siapapun. Karena ini berpengaruh dengan efek sosial terhadap lingkungan di sekitar anda. Saya akan coba jelaskan beberapa hal sederhana di atas.

Lihat situasi atau keadaan disekitarnya ketika memulai pembicaraan.

Sebelum anda memulai pembicaraan ada baiknya anda memperhatikan situasi dan keadaan disekitar anda. Apakah suasana dan keadaan mendukung untuk anda memulai sebuah pembicaraan.

Situasi dan keadaan yang kurang tepat tidak bagus untuk memulai suatu pembicaraan. Karena pembicaraan anda tidak akan bisa seperti apa yang anda harapkan. Malah anda akan merasa kecewa dengan hasil pembicaraan anda nanti.

Misalnya, ketika anda bekerja di kantor, saat sedang bekerja tiba-tiba anda ingin membicarakan tentang permasalahan anda di rumah dengan teman sekerja tanpa memperhatikan keadaan, bukan membahas tentang pekerjaan yang anda lakukan saat itu.

Tentu teman kerja anda menanggapi dengan respon yang kurang baik. Walaupun teman anda mendengarkan, namun penyampaian anda tidak akan di respon dengan baik dan hasil pembicaraan yang anda inginkan tidak sesuai dengan apa yang anda harapkan.

Keadaan ini sangat tidak tepat bila anda memaksakan diri menerapkannya disaat anda sedang bekerja. Teman kerja anda pun cenderung menilai anda kurang baik dengan respon negatif, dikarenakan anda menyampaikan pembicaraan yang tidak pada tempatnya di saat anda sedang bekerja.

Cari kondisi dan suasana yang pas untuk memulai pembicaraan tersebut. Seperti pada saat anda dan teman anda sedang santai di luar jam kerja agar penyampaian anda menghasilkan solusi dan tanggapan yang positif dari teman anda.

Tentukan topik pembicaraan yang sesuai dengan keberadaan anda.

Jika contoh pembahasan diatas anda harus melihat keadaan untuk menyampaikan sesuatu pembicaraan. Selanjutnya anda harus menentukan topik pembicaraan yang sesuai dengan keberadaan anda saat ini.

Topik pembicaraan yang akan anda sampaikan disesuaikan dengan kondisi lingkungan anda. Bila anda sedang bekerja maka buatlah pembicaraan tentang pekerjaan anda saat ini. Bila anda sedang berekreasi atau berbelanja maka bicaralah tentang suasana rekreasi atau belanja anda.

Ini sangat menguntungkan buat anda. Karena hasil pembicaraan yang anda sampaikan tentu sesuai dengan apa yang anda harapkan.

Orang lain yang mendengar penyampaian anda tentunya akan merasa sangat senang. Karena anda menyampaikan pada saat di dalam lingkungan suasana sedang bekerja. Bukan bercerita tentang masalah di luar pekerjaan.

Respon teman anda yang mendengarkan akan antusias membalas dengan ide-ide kreatifnya serta tanggapan-tanggapan positifnya.

Jadi usahakanlah setiap memulai pembicaraan sesuaikan dengan lingkungan dan keadaan dimana anda berada saat ini.

Pergunakanlah tutur bahasa yang baik dan bisa di mengerti.

Setiap anda berbicara dengan orang lain, seringkali anda tidak menyadari berbicara dengan tutur bahasa yang kurang baik.

Hal tersebut anda lakukan tanpa anda sadari. Anda terus saja berbicara dengan bahasa yang tidak di mengerti atau kata-kata yang tidak seharusnya anda ucapkan di hadapan orang lain.

Ini bisa membuat orang lain yang mendengarkan menjadi merasa tidak nyaman dengan apa yang anda sampaikan.

Rasa kurang nyaman ini menciptakan suasana yang kurang baik dalam setiap pembicaraan anda.

Apabila penyampaian anda baik di sertai bahasa yang mudah di pahami maka orang lain akan meresponnya dengan baik.

Suasana pembicaraanpun akan semakin hangat. Orang lain yang mendengarkan pembicaraan anda akan merasa nyaman dan betah mendengarkan anda berbicara. Apalagi pembicaraan anda tersebut sangat menarik untuk di bahas.

Tunjukkanlah sikap dengan bahas tubuh agar orang lain memahami maksud anda.

Bahasa tubuh memiliki peranan penting setiap kali anda menyampaikan sesuatu pembicaraan. Karena bahasa tubuh merupakan ekspresi anda yang menandakan keseriusan anda dalam berbicara.

Berbicara dengan di iringi bahasa tubuh membuat orang lain yang mendengarkan bisa lebih memahami apa yang anda sampaikan.

Bahasa tubuh bisa dilihat dengan mimik wajah anda, posisi tubuh, pergerakan tangan yang mengungkapkan bentuk penekanan maksud dari pembicaraan anda.

Rileks dan tidak terburu-buru dalam penyampaian.

Mungkin anda pernah mendengar orang lain berbicara terburu-buru tanpa jeda sama sekali. Mereka terus berbicara dengan nada datar tanpa arah dan tujuan dari apa yang dibicarakan.

Pembicaraan seperti ini sangat tidak menyenangkan bila anda yang mendengarkannya. Tidak ada gaya bahasa dan nilai pembicaraan sama sekali.

Gaya bicara yang santai dan terarah membuat siapa saja yang mendengarkannya mudah memahami apa yang anda bicarakan.

Dengan demikian orang lain yang mendengarkannya merasa nyaman. Karena tidak semua orang pikirannya bisa cepat mencerna apa yang anda sampaikan. Bergantung pada bahasan apa yang anda ingin sampaikan.

Berbicara dengan santai dan tenang. Ini akan membuat apa yang anda sampaikan diterima dengan baik dan sesuai dengan yang anda harapkan.

Beri kesempatan orang lain untuk berkomentar perihal topik yang anda sampaikan.

Setiap anda berbicara tanpa sadar kadang-kadang anda tidak memberikan kesempatan kepada orang lain yang mendengarkan pembicaraan anda untuk berbicara dan memberikan tanggapan.

Padahal tujuan dari pembicaraan anda mengharapkan tanggapan dari orang yang mendengarkan pembicaraan anda. Tetapi anda tidak menyadarinya.

Anda terus larut dan penuh semangat menyampaikan apa yang ada dalam pikiran anda. Tanpa peduli reaksi dari orang lain yang mendengarkan. Tentunya orang lain pasti merasa tidak nyaman dengan pembicaraan anda.

Oleh karena itu beri orang lain kesempatan untuk menanggapi pembicaraan anda. Tidak ada salahnya bukan. Dengan saling berkomentar membuat suasana pembicaraan anda akan semakin hangat.

Jangan menyela atau memutuskan di saat orang lain memberikan komentar.

Jangan menyela atau memutuskan pembicaraan orang lain ketika orang lain memberikan komentar kepada anda dalam pembicaraan. Ini sangat tidak disarankan.

Karena orang lain merasa tidak nyaman saat mereka sedang mengomentari pembicaraan anda tiba-tiba anda memutuskan pembicaraannya.

Berilah orang lain kesempatan untuk berkomentar dari apa yang anda bicarakan sampai selesai barulah anda membalas komentarnya. Sehingga orang lain merasa di hargai setiap apa komentar yang disampaikannya.

Ciptakan suasana hangat di sela-sela pembicaraan dengan senda gurau yang pantas.

Apabila anda sudah menciptakan suasana pembicaraan yang hangat dengan saling menanggapi satu sama lain. Pembicaraan anda akan menjadi sangat menyenangkan.

Di balik pembicaraan yang serius tersebut ada baiknya sekali-sekali anda buat suasana senda gurau atau candaan. Tapi dengan senda gurau dan candaan yang pantas.

Sehingga membuat pembicaraan anda akan terasa lebih santai dan rileks. Ini bisa menciptakan suasana pembicaraan yang semakin hangat dan nyaman dan orang lain yang mendengarkannya akan betah berlama-lama untuk saling berbagi cerita dan pengalaman dengan anda.

Lihat reaksi dan bahasa tubuh orang lain terhadap topik yang sampaikan.

Selama anda berbicara jangan lupa perhatikan reaksi lawan bicara anda saat berbicara.

Bagaimana orang lain menanggapinya setiap apa yang anda sampaikan, apakah mereka memahami, mengerti dan merasa nyaman mendengarkan pembicaraan anda.

Karena setiap perubahan ekspresi orang lain anda bisa menyesuaikan pembicaraan yang anda ingin sampaikan selanjutnya. Bergantung ekspresi yang terjadi.

Ini sangat menentukan kwalitas topik pembicaraan dalam setiap kondisi pembicaraan anda, apakah pembicaraan anda hanya sebentar atau semakin lama.

Jika orang lain merespon setiap pembicaraan anda biasa-biasa saja, tentunya pembicaraan tidak akan lama dan sulit mendapatkan apa yang anda harapkan.

Untuk itu perhatikanlah setiap reaksi lawan bicara anda agar pembicaraan anda memuaskan.

Hargai pendapat orang lain walaupun tidak menyenangkan buat anda.

Hargailah pendapat orang lain setiap menanggapi pembicaraan anda. Dengan demikian orang lain merasa pendapatnya di hargai.

Ini sangat baik untuk menciptakan keakraban anda dengan orang lain. Sehingga setiap kali anda ingin ngobrol dengan orang lain, mereka tidak akan ragu untuk ingin berbicara dengan anda.

Sebagaimana anda kecenderungan orang lain adalah senang bila dirinya di dengar dan dihargai. Bila setiap komentarnya di respon dengan keseriusan anda mendengarkannya sudah pasti orang lain akan merasa senang kepada anda.

Berikan ucapan rasa terima kasih setelah selesai pembicaraan.

Memberikan ucapan terima kasih setiap anda selesai pembicaraan sangat baik untuk menjalin hubungan anda terhadap orang lain yang berbicara dengan anda.

Rasa terima kasih yang anda ucapkan adalah sebagai bentuk penghargaan anda kepada orang lain yang telah membantu anda dengan ide-ide pikiran mereka, sehingga membuat orang lain merasa senang dan dihargai pemikirannya.

Ungkapan terima kasih ini menimbulkan efek sosial yang positif bagi keadaan dan lingkungan disekitar anda.

Bisa anda bayangkan bagaimana antusiasnya orang lain terhadap anda jika anda membutuhkan mereka pada saat anda membutuhkannya. Begitupun anda sebaliknya.

KESIMPULAN

Berbicara yang baik dengan situasi dan kondisi yang tepat menjadi bagian untuk memulai setiap anda ingin berbicara atau berkomunikasi dengan orang lain.

Menentukan topik pembicaraan baik di disertai penggunaan bahasa yang baik dan di ungkapkan melalui reaksi bahasa tubuh membuat orang lain memahami apa yang anda inginkan.

Pembicaraan yang santai akan terasa hangat bila anda memberikan kesempatan orang lain memberikan pendapatnya tanpa harus memutuskan pembicaraannya.

Senda gurau disela pembicaraan sambil melihat reaksi orang lain saat anda berbicara membuat suasana pembicaraan akan semakin hangat.

Ucapan terima kasih yang anda berikan menjadi bagian penting setelah anda menyelesaikan pembicaraan sebagai tanda penghargaan dan rasa terima kasih anda kepada orang lain. Sehingga membentuk jalinan sosial yang lebih baik disetiap keadaan dan lingkungan anda.

Di balik hal sederhana yang anda lakukan ini merupakan sebuah keindahan dalam menjalin hubungan sosial yang erat disekitar lingkungan anda.

Bagaimana dengan anda?

Sudahkah anda menerapkannya di setiap pembicaraan anda?

Jika belum mulailah dari sekarang untuk memperbaiki obrolan anda dengan menerapkan hal sederhana yang saya jelaskan sebelumnya. Sehingga anda menjadi seorang pribadi yang bijaksana di hadapan orang lain.

Opsi..πŸ€”
•Bila bermanfaat menurut anda bagikan dengan teman-teman anda.
•Bantu saya menyebarkan artikel ini agar bermanfaat bagi orang lain.
•Terima kasih sudah berkunjung di blog iniπŸ‘ƒ.
•Semoga anda sukses dan sehat selalu.

Komentar